banner

Spiritualitas kesatuan untuk kemanusiaan bersama: Kontribusi bersama terhadap transformasi sosial dan masyarakat.

Jumat, 10 November 2023 04:11 WIB | Oleh: Admin | Dilihat: 13

WhatsApp Image 2023-11-10 at 16.00.43_100a6ccf

Setelah mengadakan Internasional Seminar tanggal 7 dan 8 November 2023 diselenggarkan oleh ICRS, Globetics, IIAP, dan Movomento dei Focolare venue di Universitas Gadjah Madah, dapat dikatakan berlangsung seperti yang diharapkan oleh para peserta seminar. Hal ini terbukti dengan pengalaman dari beberapa peserta yang mengatakan bahwa pentingnya ini bukan saja menambah ilmu dan pengetahuan, namun juga cara pandang lebih luas serta membangun jejaring dari berbagai keberagaman.

Selain dari pada itu, para pembicara juga begitu antusias mempresentasikan paper mereka dengan berbagi temuan di lapangan dan beberapa dokumentasi foto. Temuan mereka membuktikan bahwa seminar ini bukan hanya penyampaian teori semata namun juga sesuatu yang konkrit sehingga penyampainnya begitu menarik. Berbagai pembicara bukan saja dari domestik bahkan juga dari pembicara Internasional. Para pembicara berasal dari India, Jerman, Filipina, Belanda, dan Swiss,dll. Sementara pembicara domestik lebih didominasi dari UGM sendri.

            Dari semua pembicara, hal yang paling berkesan ketika promotor penyelenggara seminar  menyediakan waktu khusus bagi Movimento Dei Focolare sebagai panel special. Panel special berbicara mengenai spiritalitas Kesatuan dalam Focolare fokus terhadap seni Mengasihi.

Tiga pembicara dan dimoderatori oleh Paul Hector Seggara JR ; Safiitri ( merupakan mahasiswi Program Pascasarjana UGM ICRS ), Lawrence Chong ( Singaporean, Consulus ), dan Crescencia C. Gabijan ( Dr. dari alumna Pontificial University of the Lateran, Rome. Member of Council for the laity 2002 – 2012 representing the Philippines. Aktif di Universitas Ateneo de Davao in Mindanao_Philippines.

            Dalam pembicaraan mereka, yang membedakan dari pembicara – pembicara yang lain menurut penulis bukan mengenai topik yang menarik namun bagaimana mereka menyampaikan temuan mereka di lapangan di implementasikan dengan sederhana, tidak khas dengan filosofis namun menyentuh terhadap realitas dewasa ini sehingga dapat diteruskan dengan berdialog dan kerja sama ke depannya dengan mudah.

Dari hasil seminar penulis merangkum ketika salah satu pembicara yaitu Safitri menyampaikan mengenai Spiritualits Focolare dalam seni Mengasihi, cara untuk membangun sebuah keluarga universal. Dia menyampaikan beberapa hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh Movimento dei Focolare melalui temuannya di lapangan dan beberapa wawancara dia menyampaikan seperti di bawah ini :

  1. Response to tsunami in Aceh 2004
  2. Social Centre Sumber Harapan Medan 2004
  3. The construction of Pendopo in Bantul 2007
  4. Run 4 Unity
  5. Music and Dance
  6. Dare to care
  7. Dialogue of theological discourse
  8. Dialogue for religious experience
  9. Forum with people of different faith

Dia menambahkan bahwa satu keluarga dalam kehidupan manusia memperbarui atau mengubah cara hidup. Menempatkan cara ini berpusat terhadap kehidupan manusia. Cara Chiara Lubich ( pendiri Movimento dei Focolare ), satu keluarga berdialog dengan semua orang. Maka penulis dapat menyimpulkan bahwa Seni adalah hadiah dari Tuhan. Seni tidak hanya tentang seni vokal, musik, lukisan, desain, dll. Seni sederhana adalah seni mengasihi. Jadi, seni mengasihi adalah awal dari lahirnya seni. Dari ide kalimat pertama seni juga merupakan “The Art of Doing Something, dimana cara manusia mengekspresikan jiwa dan pikirann untuk kemanusiaan yang lebih baik yang tidak melihat dari segala batasan usia atau ras ( Simanullang, 2021 )

Array

Rekomendasi

Berita Terbaru

, , , ,

Bersatu Dalam Kebebasan Dari Jiwa Sebuah Bangsa “Nusantara Baru Indonesia Maju” HUT RI -79

Proklamasi….!!! Bahwa sesungguhnya Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan…

, , , , ,

“Fiji Diperkenalkan: Wisata Perjalanan Melalui Keindahan dan Budaya”?

BULA ( Halo )!!! adalah ungkapan yang luar biasa dari sambutan yang ramah.  Dengan senyuman…

Rumahku Istanaku Dirusak Dan Diserang Dan Diancam Oleh Segerombolan Orang Bang

Beritawanklik.com – Medan, 01 Februari 2024 – Dedi Tarigan (37), Pelapor yang rumahnya dirusak dan…

,

Pemuda Pemudi Kristiani Yang Ada Di Wilayah Serang Raya Dan Cilegon Akan Mengadakan Acara Silaturahmi Yang Didahului Ibadah Syukur Awal Tahun Baru 2024

Beritawanklik.com – Pemuda Pemudi Kristiani  yang ada di wilayah Serang Raya dan Cilegon  akan mengadakan…

,

Mari Kita “Meneladani Budaya Etika Demokrasi Gus Dur,” Ujar Tokoh Pemuda Serang Mordenit Banyuurip

Beritawanklik.com – Komunitas GUSDURian Serang menggelar lomba mewarnai dan menyusun puzzle dalam rangkaian Haul Gusdur…