banner

Sayuran yang Bantu Turunkan Berat Badan, Cocok untuk Diet

Selasa, 16 Mei 2023 06:20 WIB | Oleh: Admin | Dilihat: 21

sayuran

Sayuran mengandung banyak nutrisi penting yang menjadikannya sebagai makanan sempurna untuk dikonsumsi saat diet. Beragam jenis sayuran, khususnya sayuran hijau, sangat rendah kalori dan karbohidrat namun kaya akan serat.

Sayuran juga sangat tinggi vitamin, antioksidan, mineral, dan kalsium, yang tak hanya bagus untuk diet, tapi juga mengoptimalkan kesehatan secara keseluruhan.

Simak sayuran yang bantu turunkan berat badan dan cocok dikonsumsi saat diet.

1. Brokoli

Brokoli adalah jenis sayuran hijau yang bagus untuk menurunkan berat badan karena sangat rendah kalori.

Selain itu, brokoli juga mengandung serat dan mikronutrien lainnya yang mendukung penurunan berat badan, sedangkan fitokimia dalam brokoli berpotensi untuk memecah lemak.

2. Bayam

Bayam adalah sayuran rendah kalori yang bermanfaat untuk untuk menurunkan berat badan. Sayuran hijau ini merupakan sumber serat makanan sangat baik, yang meningkatkan rasa kenyang dan menyehatkan saluran pencernaan.

Pakar diabetes asal Toronto Shahzadi Devje, RD, CDE, MSc juga menyebut bayam bagus untuk menurunkan berat badan, menjaga kebugaran tubuh, serta memelihara kesehatan secara umum.

“Bayam sangat rendah kalori namun memiliki segudang nutrisi dan dapat diolah dalam semua jenis resep,” kata Devje, mengutip FoodNetwork.

3. Asparagus

Sayuran yang bantu turunkan berat badan selanjutnya adalah asparagus. Sayuran ini kerap dijumpai dalam berbagai menu diet rendah kalori karena bercita rasa manis dan bertekstur renyah.

Tak cuma itu, asparagus sangat tinggi serat tidak larut, yang membantu melancarkan buang air besar secara teratur dan menjaga kesehatan pencernaan, mengutip Healthline.

4. Labu siam

Tanaman dengan nama lain jipang ini merupakan tumbuhan labu-labuan yang sering ada dalam campuran masakan nusantara. Selain mudah diolah menjadi beragam makanan enak, labu siam juga kaya nutrisi seperti vitamin, mineral, dan serat.

Kandungan kalori, lemak, karbohidrat, dan sodium yang rendah namun tetap padat nutrisi pulalah membuat labu siam jadi sayuran yang cocok dikonsumsi ketika diet.

Merujuk Healthline, labu siam utuh setara 203 gram mengandung 39 kalori dan 4 gram serat. Serat dalam labu siam ini membuat Anda merasa cepat kenyang dan kenyang lebih lama.

5. Kembang kol

Kembang kol berkhasiat untuk membantu menurunkan berat badan karena rendah kalori. Secangkir kembang kol hanya mengandung 25 kalori, sehingga Anda bisa makan banyak tanpa takut berat badan naik.

Kembang kol juga bebas lemak, bebas kolesterol, dan rendah natrium. Ini juga bisa diolah sebagai panganan pengganti berkalori tinggi, seperti nasi.

Selain itu, kembang kol merupakan sumber serat yang baik dan mengandung 92 persen air sehingga meningkatkan perasaan kenyang dan mempercepat penurunan berat badan.

 

sumber: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20220217175235-267-760630/13-sayuran-yang-bantu-turunkan-berat-badan-cocok-untuk-diet

Array
Tags:

Rekomendasi

Berita Terbaru

, , , ,

Bersatu Dalam Kebebasan Dari Jiwa Sebuah Bangsa “Nusantara Baru Indonesia Maju” HUT RI -79

Proklamasi….!!! Bahwa sesungguhnya Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan…

, , , , ,

“Fiji Diperkenalkan: Wisata Perjalanan Melalui Keindahan dan Budaya”?

BULA ( Halo )!!! adalah ungkapan yang luar biasa dari sambutan yang ramah.  Dengan senyuman…

Rumahku Istanaku Dirusak Dan Diserang Dan Diancam Oleh Segerombolan Orang Bang

Beritawanklik.com – Medan, 01 Februari 2024 – Dedi Tarigan (37), Pelapor yang rumahnya dirusak dan…

,

Pemuda Pemudi Kristiani Yang Ada Di Wilayah Serang Raya Dan Cilegon Akan Mengadakan Acara Silaturahmi Yang Didahului Ibadah Syukur Awal Tahun Baru 2024

Beritawanklik.com – Pemuda Pemudi Kristiani  yang ada di wilayah Serang Raya dan Cilegon  akan mengadakan…

,

Mari Kita “Meneladani Budaya Etika Demokrasi Gus Dur,” Ujar Tokoh Pemuda Serang Mordenit Banyuurip

Beritawanklik.com – Komunitas GUSDURian Serang menggelar lomba mewarnai dan menyusun puzzle dalam rangkaian Haul Gusdur…