banner

Bersatu Dalam Kebebasan Dari Jiwa Sebuah Bangsa “Nusantara Baru Indonesia Maju” HUT RI -79

Rabu, 28 Agustus 2024 06:44 WIB | Oleh: Admin | Dilihat: 12

g

Proklamasi….!!! Bahwa sesungguhnya Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan ( UUD, 1945 )

Foto Bapak Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh ( LBBP ) Dupito D Simamora dalam HUT RI 79 Fiji_Suva ( Pernandus Simanullang

Negara Kesatuan Republik Indonesia merayakan hari ulang tahunnya yang ke-79 pada hari Sabtu (17/8/2024). Ucapan selamat dalam upacara bendera atas hari jadi Indonesia hampir di seluruh negara di dunia dirayakan di setiap perwakilan Kedutaan Besar, tidak terkecuali negara kepulauan Fiji di Suva. Duta Besar luar biasa dan berkuasa penuh ( LBBP ) Dupito D. Simamora memimpin acara HUT RI ke 79 beserta warga Indonesia yang tinggal di Fiji.

Perayaan hari kemerdekaan yang diadakan di negara Fiji tepatnya di Suva_Tamavua khidmat dan sederhana. Warga Indonesia yang menghadiri sekitar empat puluh WNI, dengan komandan upacara dipimpin oleh Kolonel Dedy Rahmanto sebagai Atase Pertahanan Indonesia untuk negara Fiji. Meskipun demikian, makna perayaan kemerdekaan tetap penting sebagai momen untuk mengenang perjuangan para pahlawan dan merefleksikan pencapaian dan tantangan yang dihadapi bangsa.

Foto dipimpin oleh Bapak Kolonel Dedy Rahmanto pada HUT RI di Fiji_ Suva ( Pernandus Simanullang )

Tantangan ini tidak terlepas dari rasa patriotisme yang mendalam memenuhi perasaan bangga, cinta, dan kesetiaan terhadap negara. Hal ini dapat menginspirasi individu untuk lebih melihat kembali sejarah, nilai, dan pencapaian negara sekaligus menumbuhkan rasa kebersamaan dan rasa memiliki. Sentimen ini dapat diekspresikan dengan berpartisipasi dalam perayaan nasional, mengingat dan menghormati pahlawan yang telah berjasa.

Menyampaikan rasa patriotisme yang mendalam dan ikut ambil bagian dalam pelayanan masyarakat mencerminkan nilai-nilai persatuan dan pelayanan kepada orang lain, sebagai cara untuk menghormati semangat mereka yang telah berjuang untuk bangsa.“Nusantara Baru, Indonesia Maju” merupakan motto hari kemerdekaan Indonesia yang ke 79 yang sarat akan makna dan semangat. Kedua semboyan ini mencerminkan aspirasi dan cita-cita bangsa Indonesia dalam merayakan kemerdekaan dan membangun masa depan yang lebih baik.

 

Dok Paskibra HUT RI 79 Fiji_Suva ( Pernandus Simanullang )

“Nusantara Baru Indonesia Maju” mencerminkan visi untuk masa depan yang lebih maju dan berkembang. “Nusantara Baru” menunjukkan penekanan pada kekayaan budaya dan sumber daya alam Indonesia yang dapat dioptimalkan untuk kemajuan bangsa. Sedangkan “Indonesia Maju”

adalah harapan agar Indonesia terus tumbuh dan berkembang dalam berbagai aspek, seperti digital ekonomi, Pendidikan 5.0, dan teknologi berbasis digital modern.

Satu dalam Kemerdekaan Jiwa Raga Bangsa menggambarkan semangat persatuan dan kesatuan dalam kemerdekaan yang diperoleh melalui perjuangan keras. Mengingatkan kita bahwa kemerdekaan bukan hanya sekedar bebas dari penjajahan, tetapi juga tentang persatuan dan solidaritas dalam menghidupi nilai-nilai kemerdekaan itu sendiri.

Para pahlawan yang telah berjuang untuk bangsa Indonesia adalah sosok yang sangat dihargai dan dihormati. Mereka adalah individu yang telah memberikan segalanya untuk kemerdekaan dan kesejahteraan negara, baik melalui perjuangan fisik di medan perang maupun melalui kontribusi mereka di bidang pendidikan, politik, dan sosial.

 

Focolare Bersama Bapak Dubes dan Ibu Dubes Indonesia untuk Fiji dan para MC dalam HUT RI 79 Fiji _Suva

Para pahlawan dikenang dalam upacara peringatan kemerdekaan, di mana kita menghormati jasa-jasa mereka dan merefleksikan pengorbanan yang telah mereka lakukan untuk negara.

Merdeka…! Merdeka…! Merdeka…!

Foto Bersama seluruh WNI dan beberapa Fijian pada peringatan HUT RI -79 FIJI_ Suva 2024.

 

Penulis : Pernandus Simanullang, S.S, M.Sn, F.M

Penggiat Tradisi dan Seni Budaya.

Array

Rekomendasi

Berita Terbaru

, , , , ,

“Fiji Diperkenalkan: Wisata Perjalanan Melalui Keindahan dan Budaya”?

BULA ( Halo )!!! adalah ungkapan yang luar biasa dari sambutan yang ramah.  Dengan senyuman…

Rumahku Istanaku Dirusak Dan Diserang Dan Diancam Oleh Segerombolan Orang Bang

Beritawanklik.com – Medan, 01 Februari 2024 – Dedi Tarigan (37), Pelapor yang rumahnya dirusak dan…

,

Pemuda Pemudi Kristiani Yang Ada Di Wilayah Serang Raya Dan Cilegon Akan Mengadakan Acara Silaturahmi Yang Didahului Ibadah Syukur Awal Tahun Baru 2024

Beritawanklik.com – Pemuda Pemudi Kristiani  yang ada di wilayah Serang Raya dan Cilegon  akan mengadakan…

,

Mari Kita “Meneladani Budaya Etika Demokrasi Gus Dur,” Ujar Tokoh Pemuda Serang Mordenit Banyuurip

Beritawanklik.com – Komunitas GUSDURian Serang menggelar lomba mewarnai dan menyusun puzzle dalam rangkaian Haul Gusdur…

Jarnas Prabowo SUMUT Siap Berkontribusi Capai kemenangan 60% Untuk Prabowo-Gibran

Medan – Kamis, 14 Des 2023, Ketua Jaringan Nasional (Jarnas) Prabowo Sumut, Agus Permata Ginting…